Kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkah atau Cara membuat akun PayPal yang baik dan benar sesuai dengan tata-cara dan ketentuan yang berlaku di PayPal. Anda bisa mengikut cara yang kami sampaikan dibawah ini:

  • Pertama silahkan arahkan browser anda ke https://www.paypal.com/id (atau click link) kemudian anda akan mendapatkan tampilan beranda (Home) dari PayPal sebagai berikut:

Step 1 Cara membuat akun PayPal yang benar

  • Click tombol daftar di ujung kanan atas (berwarna biru), lalu anda akan diarahkan ke halaman baru. Disini anda bisa memilih jenis akun yang ingin kamu daftarkan. Ada 2 pilihan akun yaitu: akun Personal dan akun Bisnis

Step 2 Pilihan akun Personal atau akun Bisnis

Akun Paypal Personal atau Akun Bisnis ?

Sebelum melangkah lebih jauh kami akan jelaskan sedikit perbedaan kedua akun tersebut. Pada dasarnya semua fitur yang dimiliki akun Personal (Membeli dengan menggunakan PayPal) atau Bisnis (Menerima pembayaran menggunakan PayPal) sama saja. Sebagian orang menyebutnya akun Pembeli atau akun Penjual, sebenarnya tidak terlalu benar; karena akun Personal juga bisa menerima pembayaran sama seperti akun bisnis, dan sebaliknya akun Bisnis juga bisa melakukan pembelian.

Jadi apa sebenarnya perbedaan utama kedua jenis akun tersebut? Akun bisnis sebenarnya ditujukan kepada user yang sudah memiliki bisnis secara resmi (artinya memiliki dokumen dan perizinan yang lengkap), pada saatnya nanti PayPal akan menagih dokumen tersebut untuk membuktikan keabsahan dan kepemilikan Bisnis. Pada saat anda mempunyai akun PayPay type bisnis maka anda dapat melakukan transaksi-transaksi dalam jumlah besar yang tidak mungkin di handle akun Personal, misalnya mass payment dan lain-lain.

Jadi untuk saat ini kita akan membahas Cara membuat akun PayPal type Personal, jangan kuatir anda tetap bisa menerima pembayaran, mengirimkan invoice, request money dan melakukan transaksi / belanja online.

  • Click memulai (disebelah kiri – lihat gambar diatas), maka anda akan diarahkan ke halaman yang baru sebagai berikut:

Step 3 Memasukkan Email dan Password

  • Isikan email anda dan password (minimal 8 karakter dan harus ada angka didalamnya atau simbol simbol khusus), masukkan password 2 kali untuk konfirmasi lalu Click tombol Lanjutkan.
  • Selanjutnya anda akan dibawah ke halaman baru lagi untuk mengisi data-data pribadi anda, berikut tampilan-nya:

Step 4 Memasukkan data-data Pribadi

  • Isikan data anda sesuai dengan KTP atau SIM (Wajib!), karena pada saat terkena pembatasan / limitation maka PayPal akan meminta Copy dari Identitas resmi anda. Untuk ID Nasional masukkan saja Nomor KTP atau SIM anda, jangan lupa memasukkan nomor Ponsel (terkadang PayPal mengirimkan kode ke HP kita untuk verifikasi). Setelah semua field terisi, silahkan click tombol “Setuju dan Buat Rekening”.
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan Kartu Kredit anda (jangan kuatir, anda tidak harus punya kartu kredit untuk mempunyai akun PayPal ter-verifikasi). Proses Penambahan kartu (menghubungkan kartu) serta Verifikasi akun paypal akan kami bahas di artikel yang lain.

Step 5 menghubungkan kartu kredit

  • Click saja “Saya akan melakukannya nanti.”, karena anda tidak harus langsung menghubungkan kartu kredit anda untuk dapat menggunakan akun PayPal anda.

Untuk pengguna PayPal dari Indonesia tidak dapat menghubungkan Kartu Debet (atau Kartu ATM). Karena sesuai dengan peraturan yang berlaku Kartu Debet yang diterbitkan oleh Bank di Indonesia tidak dapat digunakan untuk transaksi Online. Sehingga kartu yang dapat dihubungkan ke PayPal adalah Jenis Kartu Kredit atau Virtual Card.

  • Lalu anda akan dibawa ke halaman yang menyatakan Anda berhasil membuat rekening di PayPal, berikut tampilan-nya:

Step 6 Berhasil membuat rekening atau akun PayPal

  • Seperti yang saya sampaikan di awal tadi, anda tetap dapat menikmati fitur-fitur utama PayPal meskipun anda membuat akun type Personal. Lalu click Buka “rekening Anda” untuk masuk ke halaman summary akun anda.
  • Di halaman selanjutnya anda harus melakukan konfirmasi alamat email yang anda masukkan di-awal pendaftaran, click “Konfirmasi alamat email” seperti ditunjukkan gambar dibawah ini:

Step 7 Konfirmasi alamat email anda

  • Anda akan menerima email yang berisi tautan / link untuk men-konfirmasi alamat email yang anda daftarkan, Click tombol “Konfirmasi Alamat Email” yang anda terima di email anda. Berikut tampilan email-nya:

Step 8 Email konfirmasi dari PayPal

  • Setelah itu anda akan di minta untuk LOGIN kembali ke akun anda untuk melengkapi proses Konfirmasi alamat email.
  • Setelah anda sampai pada tahap ini, sebenarnya anda sudah mempunyai akun PayPal yang siap untuk digunakan ber-transaksi (dalam batasan tertentu). Akan tetapi akun anda masih belum 100% Verified. Perhatikan gambar dibawah ini, PayPal masih memberikan Status 67% untuk akun anda.

Step 9 Email Berhasil di Konfirmasi

  • Berdasarkan ketentuan PayPal yang terbaru, akun yang belum 100% ter-verifikasi dapat melakukan penarikan ke Bank lokal (setelah anda menambahkan Rekening Bank Lokal ke dalam akun PayPal anda) maximal sebanyak USD $10,000 setiap bulannya. Sedangkan untuk pengiriman dan menerima dana tidak ada pembatasan. Perhatikan gambar dibawah berikut ini:

Limit akun yang belum 100% verified

Apakah masih penting Verifikasi Kartu Kredit?

Tanpa verifikasi Kartu Kredit sebenarnya akun anda sudah siap untuk digunakan, bahkan kini anda dapat melakukan penarikan dana ke Rekening bank lokal anda tanpa harus memasukkan atau menghubungkan kartu kredit ke dalam akun PayPal anda.

Akan tetapi perlu anda ingat, kondisi akun yang belum 100% Verified adalah sangat Rentan, artinya jenis akun ini belum mendapatkan kepercayaan lebih dari PayPal. Dalam banyak kasus akun seperti ini sering sekali mendapatkan masalah atau bahkan di-limit kembali oleh PayPal. Dan ketika anda ingin belanja online, kebanyakan merchant mengharuskan akun anda sudah Verified 100%. Dan tidak banyak lawan transaksi yang mau melakukan transaksi dengan Akun yang belum Verified 100%.

Jika anda ingin membuat akun PayPal 100% Verified, silahkan gunakan Jasa Pembuatan dan Verifikasi akun PayPal kami, anda tidak harus mempunyai Kartu Kredit, karena kami akan buatkan high-grade VISA Virtual Prepaid Card untuk anda.

Okay Dokay, cukup sekian dulu Cara membuat akun PayPal yang baik dan benar dari www.jasabayar.id, semoga bermanfaat, sampai  ketemu di blog post berikutnya tentang : Cara Verifikasi akun PayPal dengan Kartu Kredit atau Virtual Card.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan Pembayaran atau pembelian tetapi belum punya akun PayPal, anda bisa menggunakan Jasa Pembayaran / Pembelian Online kami. Kami memberikan rate yang terbaik dengan fee ringan untuk client kami. Melayani hampir semua jenis transaksi online di seluruh website yang menerima pembayaran PayPal.

Baca Blog Post Lainnya