Tips Aman Belanja Online Di Website Luar Negeri

Artikel berikut ditulis oleh seorang teman (Mr. Aji Pratama) semoga bermanfaat

Belanja online saat ini sedang menjadi trend diseluruh dunia selain lebih murah juga sangat mudah tidak perlu direpotkan dengan antri di kasir. Di Indonesia sudah menjamur website belanja online mulai dari aksesoris handphone, elektronik rumah tangga, make up, kuliner, bahkan ada juga yang menjual motor atau mobil secara online. Kelebihan belanja online dibanding belanja langsung ke toko adalah mudahnya cara pembayaran, website online shop biasanya menyediakan berbagai macam pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit hingga pembayaran melalui gerai mini-market di sekitar kita. Akan tetapi kadang-kadang barang yang kita cari tidak ada di website online shop lokal di Indonesia, kita harus membeli di luar negeri atau di negara pembuatnya.

Tips Aman Belanja Online Di Website Luar Negeri

Banyak pertanyaan muncul ketika mengunjungi website online shop website luar negeri, apakah aman belanja di website luar negeri?. Tidak perlu khawatir, anda dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini agar ada aman dari penipuan saat belanja di website luar negeri dan barangnya sampai dengan selamat dirumah anda.

  • Pilih Situs / Website Terpercaya Dengan Tanda https

Memeriksa situs sebelum anda melakukan transaksi di situs tersebut adalah wajib hukumnya, pertama anda bisa mengecek terdapat logo https di url website atau tidak. Jika ada tulisan https di samping kiri url website anda bisa lega karena website itu memiliki sertifikasi keamanan website. Yang kedua hal yang kamu periksa apakah pengunjung website tersebut memberikan komentar baik atau tidak untuk pesanan yang telah dibeli oleh pengunjung lain. Jika tidak ada komentar di website tersebut anda wajib curiga apakah website tersebut benar-benar mengirim pesanan anda atau website yang hanya menipu pengunjungnya.

  • Perhatikan Syarat Dan Ketentuan

Tidak ada salahnya selalu membaca syarat dan ketentuan dari suatu website ketika mengunjungi-nya terlebih untuk website yang akan kita belanjakan. Tiap website memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, kita wajib mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memberikan uang kita ke website tersebut. Persyaratan yang wajib dibaca adalah mengenai tata cara pembayaran, pengiriman barang, waktu pengiriman barang dan garansi. Hal tersebut harus kita ketahui terlebih dahulu di bagian syarat dan ketentuan, jika kenyataannya berbeda dengan syarat dan ketentuan anda boleh ajukan klaim jika barang yang diterima beda dengan apa yang ada di website.

  • Perhatikan Jasa Pengiriman

Sebelum melakukan pembayaran harap perhatian dahulu jasa pengiriman yang tersedia di website tersebut, apakah ada jasa pengiriman yang sudah dikenal di Indonesia atau tidak. Jangan sampai barang yang dipesan hanya sampai ke daerah tertentu saja dan diharuskan membayar lagi untuk sampai ke alamat tujuan. Selain itu perhatian apakah adanya asuransi atau pastikan kemasan dari pesanan yang dipesan aman sampai tujuan, karena pengiriman dari luar negeri biasanya memakan waktu hingga satu bulan lamanya.

  • Perhatikan Cara Pembayaran

Setelah mencari barang yang diinginkan dan memasukkan ke dalam keranjang belanja website lalu langkah terakhir adalah membayar pesanan anda, selalu perhatian website tersebut menerima pembayaran melalui apa saja. Kebanyakan website luar negeri menerima pembayaran yang aman melalui kartu kredit dan paypal, ada juga yang menerima pembayaran via Western Union. Anda wajib juga mengetahui biaya-biaya lain yang dikenakan saat pembayaran, seperti pajak, bea cukai dan lain-lain.

Nah itu dia tips cara aman belanja di website luar negeri, semoga dapat membantu anda yang sedang ingin membeli barang idaman yang hanya dijual di luar negeri. Semoga pesanan anda dari luar negeri sampai ke alamat tujuan dengan selamat dan tanpa dikenakan biaya lain-lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by