Manajemen Keuangan

Baru Menikah? Ini Dia Tips Manajemen Keuangan yang Perlu Kamu Tahu!

Ketika baru menikah, ada banyak hal yang akan berubah dalam hidup. Salah satunya adalah perubahan keuangan. Jika tadinya hanya perlu menghitung pemasukan dan pengeluaran untuk dirimu sendiri, sekarang kamu juga perlu memikirkan pasangan. Lalu, bagaimana sebaiknya manajemen keuangan keluarga untuk pasangan yang baru menikah?

Jika baru menikah dan ingin kondisi keuangan tetap terkontrol, ada beberapa tips manajemen keuangan yang bisa kamu jadikan acuan. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Manajemen Keuangan

Hitung Penghasilan Total dan Tentukan Bujet

Dilansir dari Investopedia, langkah awal yang perlu dilakukan di awal pernikahan terkait keuangan adalah dengan menghitung jumlah penghasilan total kamu dan pasangan. Jumlah penghasilan ini dapat pendapatan bersih sebelum digunakan untuk membayar berbagai keperluan. Mengapa harus menghitungnya? Agar kamu lebih mudah untuk membuat anggaran.

Setelah tahu berapa besar pendapatan total, barulah bisa membuat anggaran. Gunakan persentase tertentu untuk mengatur porsi pengeluaran. Kamu bisa menggunakan metode 50-20-30 atau 10-20-30-40.

Prioritaskan Kebutuhan Dasar

Saat membuat anggaran bersama, hal pertama yang tidak boleh sampai terlewatkan adalah membuat skala prioritas pengeluaran. Utamakan kebutuhan yang sifatnya paling pokok seperti makanan, kebutuhan bulanan dan cicilan. Selanjutnya kamu bisa mengatur pengeluaran lain seperti hiburan atau tabungan dan investasi.

Jangan Lupakan Dana Darurat

Selama pernikahan, kamu mungkin akan berhadapan dengan berbagai situasi yang tidak terduga. Kadang situasi-situasi ini membutuhkan dana yang sifatnya juga tidak terduga. Mobil rusak, rumah yang perlu dibenahi hingga kehilangan pekerjaan adalah situasi yang mengharuskanmu mengeluarkan dana besar. Agar tidak terjebak utang, pastikan kamu dan pasangan membuat dana darurat.

Simpan dana darurat di rekening yang berbeda dan pastikan mengisinya setiap bulan. Jangan gunakan uang yang ada di dalamnya untuk kebutuhan lain yang sifatnya tidak darurat. Dengan begitu, saat berhadapan pada situasi yang mendesak, kamu dan pasangan tidak bingung mencari sumber dana lain.

Buka Rekening Bersama

Membuka rekening bersama mungkin bukan prioritas bagi banyak pasangan. Selain itu, tidak semua pakar keuangan menyarankan pasangan yang sudah menikah untuk membuat rekening bersama. Terlebih jika ada salah satu dari pasangan yang kerap ceroboh dalam membelanjakan uang.

Namun, memiliki rekening bersama bisa membawa sejumlah keuntungan dan kemudahan. Misalnya saja, Anda jadi lebih mudah dalam membuat anggaran belanja bersama. Jadi, uang yang tersimpan dalam rekening bersama bisa digunakan untuk membayar tagihan hingga belanja bulanan. Sementara itu, rekening pribadi tetap bisa digunakan untuk keperluan pribadi seperti belanja atau berlibur.

Investasikan Sebagian Penghasilan

Jika sebelum menikah kamu sudah memiliki investasi sendiri, harus tetap melanjutkannya bersama pasangan. Investasi ini sangat penting bagi siapa pun, terlebih bagi pasangan yang sudah menikah dan berencana ingin memiliki anak. Investasi juga bisa jadi simpanan hari tua yang akan memudahkanmu ketika sudah tidak bekerja lagi nanti.

Menabung untuk Pembelian Besar

Punya rencana membeli rumah atau mobil bersama pasangan? Pembelian besar semacam ini selain membutuhkan diskusi mendalam, juga memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika memungkinkan, hindari membeli barang mahal dengan cara kredit. Selain akan menambah beban cash flow bulanan, pembelian kredit juga akan dikenakan biaya tambahan.

Alih-alih, cobalah menabung terlebih dahulu. Sisihkan beberapa persen dari penghasilan secara disiplin dalam tabungan terpisah. Ketika uangnya sudah terkumpul, kamu dan pasangan tinggal membeli barang yang diinginkan.

Itulah beberapa tips manajemen keuangan keluarga yang perlu diketahui oleh pasangan yang baru menikah. Jangan lupa untuk tetap memantau pengeluaran dengan saksama. Pastikan tidak ada kebocoran pengeluaran kecil seperti biaya transaksi yang mahal untuk belanja online dan lain sebagainya.

Agar belanja online tetap hemat, kamu bisa menggunakan jasabayar.id. Sudah dipercaya sejak tahun 2010, jasabayar.id siap membantu proses pembayaranmu dengan biaya yang terjangkau dan transaksi yang cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by