Belanja Bulanan

Belanja Bulanan di Akhir Bulan? Ini Tipsnya Agar Kantong Tetap Aman

Hampir semua orang cenderung belanja bulanan di awal bulan. Selain karena banyak barang-barang kebutuhan yang sudah habis, awal bulan adalah waktu menerima gaji. Karena pemasukan masih utuh, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan dengan leluasa tanpa khawatir kehabisan dana.

Namun, yang namanya kebutuhan, kadang kita tidak bisa menebaknya. Di akhir bulan, kamu mungkin kehabisan sabun mandi dan sabun pencuci baju lebih cepat dari biasanya. Mungkin juga kamu harus membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Lalu, bagaimana cara belanja bulanan di akhir bulan saat gaji belum masuk ke rekening?

Untuk kamu yang kerap harus berbelanja akhir bulan saat belum gajian, ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar kantong tetap aman. Simak penjelasannya berikut ini!

Belanja Bulanan

Buat Bujet Belanja Secara Mingguan

Kalau kamu sudah pernah mengalami kehabisan uang di akhir bulan tapi ternyata ada barang yang harus dibeli, mungkin saatnya untuk mengubah cara mengatur uang belanja. Jadi, alih-alih berbelanja dengan menggunakan bujet bulanan, bagi alokasi dana yang tersedia dengan sistem mingguan.

Misalnya saja, memiliki dana sebesar Rp3 juta untuk belanja bulanan. Jika dibagi per minggu, maka kamu punya dana sebesar Rp750 ribu untuk berbelanja setiap minggu. Dengan menggunakan sistem alokasi belanja mingguan, kamu akan tetap punya uang belanja setiap minggunya meski akhir bulan sudah tiba.

Catat Barang yang Perlu Dibeli

Mencatat barang apa saja yang akan dibeli sebelum berangkat ke pasar swalayan untuk belanja bulanan adalah hal yang sangat penting. Susun daftarnya berdasarkan skala prioritas, sesuai dengan bujet yang dimiliki. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan barang mana yang harus dibeli terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda. Adanya catatan juga membuatmu lebih disiplin untuk tidak membeli sesuatu yang tidak perlu.

Bandingkan Harga

Setiap toko atau swalayan biasanya menawarkan harga yang berbeda. Meskipun sabun cuci yang ingin kamu beli berasal dari merek yang sama, harganya bisa jadi lebih murah jika dibeli secara online. Sebaliknya, di mini market A, bisa jadi harga minyak goreng jauh lebih murah ketimbang membeli di toko online. Jangan ragu untuk membandingkan harga dari satu tempat dengan tempat lainnya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan penawaran terbaik yang ramah untuk kantongmu.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Membeli produk yang sedang diskon atau dalam masa promo adalah salah satu trik jitu yang perlu kamu manfaatkan agar bisa lebih hemat saat belanja bulanan di akhir bulan. Beberapa jaringan mini market kerap memberikan promo menarik seperti beli 1 gratis 1 atau tambah Rp1.000 dapat 2 item dan lain sebagainya. Manfaatkan promo ini untuk menghemat pengeluaranmu.

Rajin-rajin mencari informasi mengenai promo dan diskon baik secara online maupun offline. Meski sedikit merepotkan, tapi ini bisa membantumu untuk lebih hemat dalam berbelanja.

Belanja Secukupnya di Awal Bulan

Selain beberapa tips sebelumnya, hal lain yang juga tidak boleh kamu lupakan adalah untuk tetap berhemat di awal bulan. Atur dengan baik pengeluaranmu mulai dari belanja barang kebutuhan pokok hingga keperluan hiburan. Dengan begitu, kamu masih tetap punya uang simpanan sampai akhir bulan. Pastikan juga alokasi dana yang sudah ditetapkan kamu patuhi agar tidak kebingungan saat belanja di akhir bulan nanti.

Itulah beberapa langkah untuk tetap hemat belanja bulanan di akhir bulan. Untuk kebutuhan transaksi belanja online, pastikan kamu hanya menggunakan layanan tepercaya untuk pembayaran. Jasabayar.id menyediakan layanan pembayaran dengan fee yang flat dan rate paling fair. Hubungi jasabayar.id sekarang juga untuk mendapatkan jasa pembayaran terbaik di Indonesia!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by