Investasi Bodong

Waspada Investasi Bodong, Kenali Ciri-cirinya Berikut Ini!

Jika dulu investasi adalah aktivitas keuangan yang identik dengan orang kaya, sekarang semuanya bisa berinvestasi. Kamu yang masih muda dengan dana terbatas pun bisa melakukannya. Keberadaan teknologi menjadikan semuanya jadi lebih mudah. Namun ada konsekuensi negatif yang kemudian muncul: maraknya investasi bodong.

Jika kamu membaca berita kriminal keuangan, tak terhitung kasus investasi bodong yang berhasil diungkap kepolisian bersama OJK. Agar tidak jadi korban berikutnya, simak beberapa ciri investasi bodong yang perlu diwaspadai berikut ini!

Investasi Bodong

Tidak Terdaftar Resmi

Semua aktivitas keuangan di Indonesia berada di bawah pengawasan OJK mulai dari pasar modal, asuransi, perbankan dan tentu saja investasi. Jika ada perusahaan yang mengaku menjual produk investasi tapi mereka tidak terdaftar dan memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan, bisa dipastikan produk yang mereka jual adalah investasi bodong.

Untuk memastikan apakah perusahaan investasi yang dipilih memang terdaftar, kamu bisa melakukan pengecekan di situs resmi OJK. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih jauh, kamu bisa datang langsung ke kantor OJK terdekat yang ada di kotamu.

Alamat Kantor Tidak Jelas

Perusahaan investasi yang legalitasnya tidak jelas juga biasanya tidak memiliki alamat pasti. Ini karena mereka tidak ingin perusahaan mereka mudah ditemukan. Kalaupun mereka menuliskan alamat pada halaman situs mereka, biasanya kantor tersebut tidak berada di kawasan perkantoran yang seharusnya. Jika mencurigai aktivitas investasi bodong sebuah perusahaan, kamu bisa datang langsung ke kantornya dan memastikan bagaimana cara kerja mereka.

Jenis Aset yang Diinvestasikan Tidak Jelas

Semua jenis investasi memiliki underlying asset yang jelas. Misalnya saja investasi emas, memiliki emas sebagai produk dasarnya. Begitu juga dengan reksa dana saham, pasar uang dan lain sebagainya. Dana yang kamu setorkan akan dikelola oleh manajer investasi agar menghasilkan keuntungan.

Jika investasi yang kamu beli adalah investasi bodong, mereka biasanya tidak punya aset yang jelas. Perputaran dananya pun tidak jelas. Investor dibuat seakan-akan mereka buta dan tidak tahu ke mana aliran dana yang mereka berikan. Pada akhirnya, dana ini akan hilang dan kamu akan mengalami kerugian.

Menawarkan Keuntungan yang Tidak Masuk Akal

Salah satu cara pemilik perusahaan investasi abal-abal menjaring korbannya adalah dengan menjanjikan keuntungan besar. Padahal jika dilihat dari kacamata investasi yang sebenarnya, tidak ada produk yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar itu. Bagi kaum yang masih awam dengan investasi, sangat mudah untuk tergoda dengan penawaran semacam ini.

Perlu diketahui bahwa keuntungan investasi berbanding lurus dengan risikonya. Semakin besar keuntungan yang dijanjikan, semakin besar risikonya. Jika ada perusahaan yang berjanji bisa memberimu keuntungan investasi berlipat-lipat yang terdengar sangat menggiurkan, bisa dipastikan itu adalah produk investasi abal-abal yang wajib kamu hindari.

Iming-iming Bonus Jika Berhasil Merekrut Nasabah Baru

Perusahaan investasi abal-abal biasanya sangat berambisi untuk mengumpulkan investor sebanyak-banyaknya. Sebab, semakin banyak investor, semakin banyak pula keuntungan yang akan mereka peroleh. Cara kerjanya mirip dengan skema Ponzi yang merupakan skema penipuan populer di dunia.

Ketika sudah memiliki satu investor, mereka akan mengajak investor tersebut untuk menarik investor baru dengan imbalan bonus. Mereka bahkan tak segan menggunakan nama tokoh populer untuk bisa mendapatkan korban. Padahal kenyataannya, tokoh yang mereka sebutkan bahkan tidak terafiliasi dengan mereka.

Menghindari investasi bodong memang harus dilakukan dengan cermat. Dengan menghindari berbagai ciri-ciri di atas, kamu bisa meminimalisasi risiko terjebak menjadi investor di perusahaan abal-abal.

Apa pun pilihan investasimu, pastikan kamu hanya melakukannya di perusahaan yang tepercaya dan legal. Untuk pembayaran beragam transaksi investasi, gunakan jasabayar.id agar prosesnya lebih cepat dan lancar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by