Software Aplikasi

7 Software Aplikasi yang Penting bagi Pekerja Kantoran

Software atau perangkat lunak adalah program yang tersimpan dalam komputer dan digunakan untuk menjalankan perintah tertentu. Ada beberapa jenis software yang biasa digunakan, salah satunya adalah software aplikasi. Software aplikasi merupakan suatu program yang dibuat dengan bahasa pemrograman dan digunakan untuk bidang tertentu. 

Software aplikasi dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk oleh para pekerja kantoran. Dengan menggunakan software aplikasi, pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan praktis. Hasilnya pun lebih optimal. Lalu, apa saja jenis software aplikasi yang perlu dimiliki pekerja kantoran?

1. Microsoft Office Word

Microsoft Office Word adalah software aplikasi yang sangat umum digunakan dalam dunia perkantoran. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk menulis dokumen berbentuk teks. Kamu juga membutuhkan aplikasi Word untuk mengakses file yang berisi dokumen tulisan. 

2. Microsoft Office Excel

Selain Word, seorang pekerja kantoran juga perlu menguasai aplikasi Microsoft Office Excel. Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengolah data numerik. Kamu bisa membuat perhitungan dengan cepat menggunakan rumus Excel yang sudah pasti. Selain itu, Excel kerap digunakan untuk membuat tabel beserta informasinya.

3. Microsoft Office Power Point

Software aplikasi lain yang dibutuhkan oleh pekerja kantoran adalah Microsoft Office Power Point. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat presentasi ide dengan gaya yang lebih menarik. 

Dalam perusahaan, presentasi merupakan hal yang sangat penting. Ide atau proyek yang akan dijalankan perlu dipresentasikan dengan jelas, baik di hadapan atasan maupun klien. 

Presentasi yang menarik biasanya akan mudah dipahami, bahkan berpeluang lebih besar untuk disetujui. Selain presentasi, kemampuan menyampaikan isi presentasi juga tidak kalah penting. 

4. Adobe Photoshop

Pekerja kantoran juga sebaiknya menguasai software aplikasi Adobe Photoshop. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk mengedit gambar atau foto menjadi bentuk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Hasil editan tersebut bisa digunakan untuk publikasi atau keperluan lain. 

Meskipun software aplikasi ini memiliki fitur yang cukup rumit, tidak ada ruginya kamu mempelajarinya. Dengan memiliki kemampuan ekstra dibandingkan pekerja lain, kamu akan mendapat kesempatan untuk promosi yang lebih tinggi.

5. Cloud Storage Software

Sebagai pekerja kantoran, kamu perlu menguasai aplikasi yang berkaitan dengan penyimpanan dokumen. Ada beberapa aplikasi yang biasa digunakan antara lain Google Drive. Dengan menggunakan Google Drive, kamu tidak perlu bingung menyimpan dokumen penting. Karena bisa diakses secara online, dokumen ini lebih aman.

6. PDF Reader

Ada lagi aplikasi yang juga sering digunakan dalam kegiatan perkantoran, yaitu PDF Reader. Aplikasi ini perlu dimiliki oleh seorang pekerja kantor karena dibutuhkan untuk mengakses dokumen berjenis PDF. 

Dokumen dengan format PDF memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dokumen Word. Salah satunya adalah format yang rapi atau tidak berubah apabila dibuka di perangkat lain. Hal ini sangat berpengaruh pada dokumen yang dibuat dengan format yang rumit.

7. Software Manajemen Email

Apa saja software aplikasi untuk mengelola email? Ada beberapa jenis software yang bisa digunakan, contohnya adalah Spark. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengelola urusan surat-menyurat di kantor dengan mudah. 

Surat-menyurat merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan kantoran. Apalagi jika setiap hari perusahaan menerima banyak email, tidak tertutup kemungkinan ada yang terabaikan. Dengan aplikasi Spark atau aplikasi sejenis, kamu bisa membuat, membalas, atau menyimpan surat dengan mudah.

Nah, inilah beberapa software aplikasi yang perlu kamu kuasai saat menjadi pekerja kantoran. Aplikasi ini diharapkan dapat mendukung produktivitas sehingga bisa lebih optimal. Kamu pun bisa menunjukkan kinerja yang bagus dalam urusan pekerjaan. 

Supaya dapat menikmati layanan software aplikasi secara total, kamu perlu menggunakan versi berbayar. Software aplikasi berbayar bisa dibeli dengan mudah menggunakan layanan jasabayar.id. Jadi, tidak ada alasan untuk menggunakan versi bajakan. Semoga bermanfaat! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by