Aliexpress VS eBay: Mana yang Lebih Baik?

Jika dulu untuk beli barang di luar negeri kamu harus berkunjung ke negara dimaksud, atau paling tidak menitip siapa pun yang akan pergi kesana, saat ini tak perlu lagi. Keberadaan internet memudahkan kita untuk melakukan hampir semua hal, termasuk berbelanja, yaitu dengan belanja online dengan pembayaran melalui credit card.

Ada 2 platform yang paling populer di dunia, yaitu Aliexpress dan eBay yang bisa jadi alternatif buat kamu. Mana yang lebih baik?  Berikut ini adalah sekilas tentang kelebihan dan kekurangan keduanya.

Kelebihan dan kekurangan Aliexpress dan eBay

Sebagai referensi kamu belanja di luar negeri, baca dulu review singkat 2 platform raksasa belanja online ini.

eBay – Di E-Commerce ini kamu bisa memperjualbelikan hampir semua produk dengan penjual atau pembeli dari seluruh dunia. Para penyedia produk bisa berupa pedagang ekspor impor, manufaktur lokal, pengecer, distributor atau grosir, hingga para pemula dalam bisnis online.

Halaman Depan eBay July 2019

Mengenal system pembayaran transaksi di eBay paling umum adalah dengan Paypal karena aman dan paling sesuai untuk membayar produk yang dilelang. System ini akan memverifikasi setiap akun untuk meminimalkan tindak kejahatan penipuan. Selain itu kamu juga bisa memilih credit card atau transfer fasilitas dana digital lainnya.

Keunggulan marketplace eBay

  • Tersedia fitur eBay Pulse untuk mencari produk yang paling populer, trendy, paling banyak dicari, serta paling banyak dilihat.
  • Proses pendaftarannya cukup simple.
  • Tidak ada iuran member alias gratis sama sekali.
  • Penggunaan paypal meminimalkan penipuan.
  • Ada eBay komunitas dengan fitur-fitur chat rooms, guides, reviews, answer centre, groups, serta discussion board.
  • Berbagai produk ditampilkan dalam bentuk list atau grid pada website yang rapi.
  • Harga produk murah dan sangat lengkap, termasuk produk bekas dan langka.

Selain berbagai kelebihan tersebut, ternyata eBay ada kekurangannya juga yang perlu kamu pertimbangkan. Walaupun system pengamannya termasuk jempolan faktanya masih ada saja beberapa kasus penipuan yang merugikan konsumen. Bagi yang tak terbiasa mencari judul film di eBay bisa membingungkan karena tak dikategorikan sesuai formatnya.

Aliexpress

Anak perusahaan Alibaba ini menjual barang-barang mayoritas dari Cina, selain itu ada pula produk Rusia, Singapura, dan sebagainya. Mengingat jarak Indonesia dan Cina tak terlalu jauh, rata-rata barang yang ingin kamu beli free shipping alias gratis ongkir. Ini adalah keunggulan market place raksasa ini. Barang-barang yang dijual di sini juga harganya luar biasa murah sebagaimana karakter produk Cina yang kita kenal. Inilah sebabnya kamu harus cukup jeli memilih produk yang sesuai kebutuhan, murah, namun berkualitas.

Halaman depan AliExpress July 2019

Saat pertama kali mendaftar di Aliexpress kamu  juga berkesempatan mendapat kupon gratis lho. Nilainya memang cuma US$ 4, tapi lumayan, kan? Bila tidak punya kartu kredit kamu bisa membayar dengan credit card virtual atau VCC.

Untuk kelemahan market place ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan online-online shop lainnya, misalnya pembeli tak dapat melihat produknya secara langsung. Karena itu agar tidak kecewa pastikan membaca deskripsi produk dengan cermat. Untuk fasilitas free shiping barang bisa tiba di tempat tujuan dalam waktu yang cukup panjang, bahkan hingga 6 minggu.

Alternatifnya kamu bisa belanja pada seller yang menyediakan layanan pengiriman via Singapore post atau Hong Kong Post. Masalah lain adalah stok yang dimiliki seller kurang update karena memang tak dicantumkan jumlah produk yang tersedia. Untuk fitur yang satu ini eBay memang lebih unggul. Akibatnya bisa semakin ribet kalau ternyata kamu sudah melakukan pembayaran untuk produk yang sudah tak tersedia. Semoga bermanfaat!

Jasabayar.ID sudah bertahun-tahun membantu client dari seluruh tanah air yang tidak punya Kartu Kredit untuk dapat belanja barang idaman di eBay, Aliexpress dan banyak website luar negeri lainnya. Konsultasikan semua kebutuhan anda dengan CS kami sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by