Jualan Online di Etsy

Cara Mudah Jual Beli Online Barang Handmade di Etsy

Pernah dengar Etsy? Penggemar barang handmade alias kerajinan tangan pasti  tidak asing dengan marketplace satu ini. Sudah lama Etsy dikenal sebagai pasar tempat para seniman, pengrajin, dan penjual barang vintage untuk menjual produk mereka. 

Di Etsy para penjual bisa membuka toko online dengan mudah dan terhubung dengan pelanggan secara global. Ya, barang buatan tangan memang populer di luar negeri. Plus, mayoritas pembeli begitu menghargai kualitas barang handmade sehingga mereka tidak ragu untuk membelinya dengan harga tinggi.

Tentu ini jadi peluang menarik bagimu yang senang membuat kerajinan tangan. Penasaran bagaimana cara jualan online di Etsy? Simak langkah-langkah berikut ini, yuk.

1. Pelajari Kategori Barang Etsy

Terdapat tiga kategori barang yang dijual di Etsy.

  • Barang handmade atau kerajinan tangan. Ini merupakan item paling populer di Etsy. 
  • Barang vintage alias antik dengan usia minimal 20 tahun. 
  • Bahan karya seni yang mencakup perlengkapan kerajinan untuk pembuatan barang buatan tangan. 

2. Buat Akun Etsy

Kemudian, kamu perlu membuat akun Etsy. Cukup mudah kok, tinggal daftarkan nama dan alamat email kamu dalam kolom tersedia. Lengkapi juga gambar profil, bio, dan informasi lain yang perlu diketahui calon pembeli. 

3. Riset Pasar Itu Penting

Bagaimana produkmu bisa diterima di pasar? Tentu saja cari tahu dahulu produk apa yang populer di kalangan pengguna Etsy. Dari situ bandingkan dengan produk yang akan kamu jual, cermati berapa harga yang sesuai, bagaimana persaingannya, dan apa keunggulan produkmu dibandingkan produk serupa. 

4. Bangun Identitas Merek  

Merek adalah sebuah identitas bisnis. Orang akan mudah mengingat bisnismu lewat sebuah merek. Coba bangun identitas merek yang sesuai dengan produk jualan di Etsy sehingga tokomu pun terkesan profesional.

5. Foto Produk Sebagus Mungkin

Foto produk yang terang, jelas, rapi, dan enak dilihat penting untuk membuat calon pembeli melirik. Buat foto sebagus dan sejelas mungkin agar calon pembeli punya gambaran utuh tentang produk yang hendak dibeli.

6. Siapkan Template Deskripsi Produk

Nah, ini juga penting agar kamu tidak perlu bolak-balik menulis ulang deskripsi tiap produk. Kamu cukup mengganti nama produk dan mengubah beberapa bagian saja sehingga waktu upload listing barang pun lebih singkat.

7. Manfaatkan Keyword

Cantumkan keyword atau kata kunci dalam deskripsi produk. Tambahkan juga tag sejenis yang berhubungan dengan produk. Cara ini mempermudah calon pembeli mencari barang yang mereka butuhkan.

8. Cari Tahu Keunikan Nilai Jual Produk

Ada banyak penjual barang serupa, tetapi masing-masing punya keunikan nilai jual produk yang berbeda. Tentukan apa yang membuat produkmu unik: apakah bisa dipersonalisasi, menggunakan bahan-bahan alami, 100% handmade, hingga diproduksi dalam jumlah terbatas alias limited edition.

9. Siapkan Kemasan yang Cantik

Zaman sekarang penampilan luar alias kemasan itu penting. Mengemas produk secara cantik, indah, dan bergaya membuat pembeli merasa spesial. Kamu juga bisa menyelipkan stiker, kartu ucapan terima kasih, atau hadiah kecil seperti permen dalam paket. Lebih dari sekadar lucu, apa yang kamu lakukan ini bisa menjadi konten media sosial untuk menarik lebih banyak pembeli.

10. Optimalkan Media Sosial

Ini juga salah satu tips jualan online di Etsy. Media sosial menjadi platform penting dalam mempromosikan toko dan produk yang kamu jual. Lewat media sosial kamu bisa mengajak follower untuk datang dan berkunjung ke toko Etsy milikmu. Boleh juga kamu memanfaatkan fitur iklan media sosial demi menggaet lebih banyak calon pembeli.

Ternyata jualan online di Etsy tidak begitu sulit kan? Pastikan kamu sudah menyiapkan produk lengkap dengan deskripsi dan merek yang diusung. Oya, untuk membuka toko di Etsy kamu perlu menghubungkan kartu kredit atau debit VISA. Namun, jika kamu tidak punya kedua jenis kartu tersebut, kamu tetap bisa mengandalkan Jasabayar.id untuk memulai bisnis jualan online di Etsy. Pasti mudah, aman, dan praktis! Jadi, siap menerima pesanan pertama di Etsy?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by