Patreon adalah

Dukung Content Creator Favorit dengan Patreon, Begini Caranya

Platform Patreon boleh jadi masih terdengar asing di kalangan pengguna internet Indonesia. Namun, bisa jadi kamu sering mendengar nama Patreon disebut-sebut oleh vlogger, musisi, penulis, atau content creator lain dalam video maupun media sosial mereka.

Patreon adalah sebuah platform yang mengadopsi konsep sponsor bagi para pembuat karya. Bagaimana cara kerja Patreon dan apa yang bisa kamu lakukan sebagai penggemar untuk mendukung karya content creator favorit? Begini penjelasannya. 

Pengertian Patreon 

Patreon adalah platform pengumpulan dana atau crowdfunding yang memberi kesempatan penggemar mendukung dan membayar kreator atas konten yang diciptakan. Platform kerap dipakai para kreator untuk mencari dana sehingga mereka bisa konsisten melahirkan lebih banyak karya bagi para penggemarnya.

Adalah Jack Conte, musisi sekaligus youtuber yang menginisiasi platform ini. Ia merasa cukup diapresiasi, tetapi  konten yang dibuatnya tidak menghasilkan cukup banyak uang. Ia pun berpartner dengan Sam Yam dan melahirkan platform dukungan untuk kreator konten bernama Patreon. 

Tercatat ada lebih dari 3 juta akun Patreon aktif yang terus mendukung kreator-kreator andal di bidangnya. Sekitar 100.000 kreator konten pun sudah terdaftar dalam Patreon dengan total dana yang telah diterima mencapai 1 juta dolar AS. Luar biasa kan?

Mengadopsi Konsep Sponsor

Dahulu seniman, musisi, dan artis lainnya kerap menggalang dana atau mencari sponsor untuk mendukung pekerjaan mereka secara finansial. Harus diakui, menjual hasil karya saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi, menciptakan konten dan karya fisik butuh biaya yang tidak sedikit.

Patreon mengadopsi konsep sponsor tersebut guna membiayai pekerjaan para kreator konten langsung dari penggemar atau pengikut mereka. Jadi, platform ini mendorong para penggemar berkontribusi atas kerja dan karya kreator favoritnya. 

Cara Patreon Bekerja

Platform ini membantu kreator mengelola proyek yang tengah dikerjakan. Tampilan desain sederhana membuat kreator bebas mempersonalisasi laman Patreon mereka semenarik mungkin untuk menggaet pelanggan datang. 

Lalu, kreator menyiapkan tingkatan keanggotaan dan fasilitas untuk para pelanggan. Misalnya, dengan sejumlah imbalan yang dibayarkan pelanggan, mereka bisa mengakses konten eksklusif sang kreator. Bahkan, Patreon juga menyediakan fitur chat dan email untuk mempermudah interaksi kreator dan penggemarnya. 

Mekanisme untuk Pengguna Patreon

Bagaimana memakai Patreon dari sisi pelanggan atau penggemar? Caranya cukup simpel kok. Begitu kreator mengunggah karyanya, mereka akan menyediakan fitur pembayaran berlangganan bagi pelanggan. 

Masing-masing opsi berlangganan menawarkan fasilitas atau keuntungan tertentu yang bisa dinikmati pelanggan dengan membayar sejumlah biaya. Di sinilah pelanggan bisa membayarkan uang dengan jumlah tertentu sesuai tingkatan dan fasilitas yang dikehendaki.

Selain itu, kreator juga bisa menawarkan halaman bagi pembayaran per proyek (by project). Alih-alih menawarkan pembayaran bulanan, opsi pembayaran per proyek ini kerap dipakai kreator yang sanggup menghasilkan empat karya per bulan. Jadi, kreator akan dibayar tiap kali mereka menciptakan konten sehingga mengurangi tekanan untuk rutin menghasilkan konten bulanan. 

Patreon pun menyediakan pilihan bagi kreator untuk menyajikan konten berbayar khusus bagi pelanggan mereka saja. Bisa dibilang konten demikian benar-benar eksklusif dan hanya bisa diakses terbatas oleh pelanggan sudah berlangganan Patreon sang kreator.

Tinggal Pilih Saja

Sebagai pelanggan, kamu tinggal memilih mana opsi berlangganan sesuai tingkatan keanggotaan dan fasilitas yang ingin diperoleh. Keuntungan terlibat di Patreon adalah kamu bisa berinteraksi langsung secara pribadi dengan para kreator. 

Jika kamu merasa memberi like, berlangganan akun YouTube atau follow media sosial mereka belum cukup, kamu bisa meluncur ke akun Patreon kreator favorit agar  mereka terbantu secara finansial. Semua dukungan itu pasti memotivasi mereka untuk terus konsisten melahirkan berbagai konten menarik dan bermanfaat.

Patreon adalah salah satu platform penggalangan dana yang unik sekaligus membangun komunitas kreator dan penggemar untuk saling mendukung, baik secara moral maupun finansial. Ingin dukung kreator favorit, tetapi kamu baru pertama kali transaksi ke luar negeri? Cukup pakai Jasabayar.id untuk semua transaksi luar negeri aman dan cepat, plus tidak perlu punya kartu kredit. Coba sekarang, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by