paylater VS kartu kredit

Cicilan Paylater VS Kartu Kredit, Mana Lebih Menguntungkan?

Sekarang belanja barang di e-commerce atau marketplace bisa menggunakan sistem cicilan. Bahkan, kamu boleh memilih mau mencicil dengan metode paylater atau kartu kredit. Kedua metode pembayaran kredit ini memang bisa jadi solusi praktis untuk kamu yang perlu barang secara cepat tapi terkendala dana.

Namun, mana lebih menguntungkan antara paylater VS kartu kredit? Simak perbandingan keduanya dari beberapa faktor berikut.

Bunga

Kalau kamu perhatikan, Bank Indonesia menetapkan peraturan berbeda terkait penetapan bunga kedua metode pembayaran ini. Bunga paylater cenderung bervariasi tergantung penyelenggara program ini. Misalnya, bunga per bulan Traveloka Paylater 2,14–4,78%, Shopee Paylater 2,95%, GoPaylater Rp24 ribu, dan Ovo Paylater 2,9%.

Sementara, terhitung sejak 1 Mei 2020, Bank Indonesia memutuskan bunga maksimal kartu kredit 2% per bulan atau turun 0,25% dari bunga maksimal terdahulu. Ini berlaku untuk semua bank tanpa terkecuali.

Biaya Administrasi

Perbedaan paylater VS kartu kredit berikutnya ada pada biaya administrasi. Jika kamu memakai pembayaran dengan metode paylater, perhatikan ada komponen biaya penanganan per transaksi. Nominalnya variatif, tergantung besar transaksi dan kebijakan penyedia layanan paylater pilihanmu.

Pada kartu kredit terdapat komponen biaya tahunan. Pemilik kartu harus membayarnya dengan nominal mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis kartu dan bank penyedia. Biasanya, makin besar limit kartu kredit, makin tinggi pula biaya tahunan kartu tersebut.

Tenor Cicilan

Jangka waktu atau tenor cicilan juga harus kamu perhatikan saat membandingkan kedua metode ini. Tenor cicilan diberikan supaya pengguna lebih leluasa mencicil pembayaran kredit. 

Tenor cicilan paylater biasanya dibatasi maksimal 12 bulan per transaksi. Tentu saja kamu boleh memilih tenor yang lebih pendek, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Besar cicilan pun akan menyesuaikan dengan masa pembayaran pilihanmu.

Sedangkan kartu kredit mempunyai tenor cicilan lebih panjang. Rata-rata bisa dicicil hingga 24 bulan atau dua tahun. Namun, kamu juga bisa memilih tenor lebih pendek sesuai kemampuan membayar cicilan saat ini.

Syarat Pengajuan Layanan

Nah, pada faktor syarat pengajuan layanan, bisa dibilang mengajukan paylater relatif lebih mudah. Karena berupa layanan berbasis online, kamu bisa mengajukan paylater langsung lewat aplikasi yang dipasang di smartphone. Dokumen yang harus diunggah pun berbentuk file digital, seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan foto diri.

Sebaliknya, pengajuan kartu kredit harus dilakukan langsung ke bank penyedia layanan. Beberapa bank masih mengutamakan pengajuan kartu kredit dengan menyiapkan dokumen fisik (hardcopy), seperti salinan KTP, NPWP, slip gaji, dan buku tabungan. Namun, banyak juga bank yang sudah mengintegrasikan layanan ini dalam aplikasi mobile banking miliknya sehingga pengajuan kartu kredit bisa dilakukan secara online. 

Jaminan Keamanan

Apakah paylater aman? Tentu saja! Karena fitur pembayaran ini disediakan oleh aplikasi finansial tepercaya serta terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Paylater juga menerapkan otorisasi berupa PIN dan/atau kode One Time Password (OTP) ke nomor ponsel terdaftar saat terjadi transaksi pembelian.

Demikian pula ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Sebagian besar menerapkan sistem otorisasi lewat OTP, PIN, hingga memasukkan kode CVV atau card verification value sebagai bukti kepemilikan kartu. Jadi, keduanya sama-sama menjamin keamanan bertransaksi.

Pembayaran cicilan dengan paylater VS kartu kredit ternyata tidak berbeda jauh. Kamu bisa menggunakan salah satu dari kedua metode pembayaran kredit tersebut saat mencicil. Lalu, mana yang lebih menguntungkan? Tergantung situasi finansial kamu tentunya, tinggal mempertimbangkan besar bunga, tenor cicilan, dan biaya administrasi. 

Jika belum punya kartu kredit, mencicil dengan paylater cukup membantu. Apalagi, proses pengajuannya relatif mudah. Namun, kalau kamu ragu mencoba paylater dan tidak punya kartu kredit saat transaksi online, gunakan Jasabayar.id saja. Dengan proses cepat, ramah, dan bergaransi, kamu bisa melakukan pembelian produk hingga pembayaran online di jutaan website dalam dan luar negeri. Ayo, coba Jasabayar.id sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by