Mainan Diecast

Rekomendasi Mainan Diecast Terbaik

Setiap orang memiliki hobi dan kegemaran masing-masing, salah satunya adalah mengoleksi mainan. Biasanya, hobi mengoleksi mainan melibatkan barang-barang unik dan langka. Salah satu jenis mainan yang biasanya dikoleksi adalah mainan diecast

Mengenal Mainan Diecast

Mainan Diecast

Diecast merupakan sebutan untuk menyebut metode yang digunakan dalam membuat sebuah replika atau miniatur. Metode ini dilakukan dengan cara memadatkan logam cair pada sebuah cetakan. Replika atau miniatur yang dibuat bisa berbentuk apa pun seperti mobil, motor, pesawat, atau robot.

Meskipun dibuat dengan metode diecast, beberapa bagian ada yang tidak terbuat dari logam melainkan karet atau plastik. Hal ini dilakukan supaya detail replika terlihat nyata dan kualitas mainan tetap terjaga. Mengingat bahan utama mainan ini adalah logam, produk diecast biasanya lebih sering dikoleksi dan dipajang daripada dibuat mainan oleh anak-anak.

Cara Memilih Mainan Diecast

Mainan Diecast

Ada banyak pilihan mainan diecast yang bisa kita beli. Supaya lebih mudah dalam memilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pilih Jenis Mainan Diecast yang Ingin Dikoleksi

Ada banyak jenis diecast yang ada di pasaran mulai dari bentuk mobil klasik atau mobil sport, pesawat tempur hingga pesawat komersial, Vespa, Harley Davidson, sepeda motor balap, robot, hingga action figure terkenal. Pilih yang sesuai dengan passion dan kegemaran kamu.

Jika sudah tahu jenis diecast yang ingin dikoleksi, selanjutnya kamu bisa berburu produk berdasarkan pabrik pembuatnya. Beberapa pabrik mainan diecast yang dikenal memiliki produk berkualitas adalah Toei Animation, Soul of Chogokin, JC Wings, dan Mattel.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Umumnya ukuran miniatur1 diecast sekitar 1:64. Artinya ukuran mainan tersebut lebih kecil 64x dibanding ukuran asli. Namun beberapa mainan ada yang hadir dengan skala lebih besar atau kecil. Memilih ukuran mainan biasanya berpengaruh terhadap penyimpanan. Jadi pilihlah mainan yang sesuai dengan ukuran penyimpanan yang telah kita sediakan.

3. Periksa Fitur Tambahan

Kualitas diecast biasanya terlihat dari fitur tambahan yang disematkan. Untuk miniatur mobil, fitur tersebut biasanya berupa pintu yang bisa dibuka, detail mesin, atau desain interior. Semakin rumit dan detail, semakin mahal pula harga miniatur diecast impian. 

Rekomendasi Mainan Diecast Terbaik

Bagaimana, sudah bisa membayangkan mainan diecast yang kamu inginkan? Sebagai rekomendasi, berikut beberapa miniatur diecast terbaik yang bisa dipilih lengkap dengan kisaran harganya:

1. Hot Wheels Jeep Wrangler

Mainan Diecast

Replika Jeep buatan Hot Wheels ini telah dirilis dalam 11.000 model karena termasuk salah satu yang paling laris dan banyak diburu oleh kolektor baik dari dalam maupun luar negeri. Meskipun termasuk barang populer, harga miniatur keren ini termasuk murah yaitu Rp30.000. 

2. Takara Tomy Honda Supercub

Mainan Diecast

Bagi penggemar motor klasik, miniatur diecast ini mungkin menjadi salah satu koleksi incaran. Dibuat berdasarkan motor Honda keluaran lama, miniatur ini akan membuat kita bernostalgia tentang masa lalu. Dibanderol dengan harga Rp69.000, mainan Honda Supercub juga cukup estetik jika dipakai sebagai pajangan.

3. Sikorsky UH-60 Black Hawk

Mainan Diecast

Pernah menonton film Black Hawk Down? Mainan diecast ini merupakan replika dari helikopter yang ada di film tersebut. Dibuat oleh produsen diecast NewRay, mainan ini memiliki detail unik berupa baling-baling yang bisa berputar. Jadi ketika dipajang, ada efek terbang yang dihadirkan oleh mainan. Harga mainan unik ini sendiri cukup mahal, yaitu sekitar Rp215.000.

4. Hot Wheels Lamborghini Gallardo

Mainan Diecast

Replika Lamborghini Gallardo ini cukup populer karena mobil aslinya pernah tampil di film Fast and Furious 6. Untuk menambah kemiripan dengan mobil aslinya, produsen mainan menambahkan roda karet yang bisa berputar dan beberapa fitur lain yang cukup detail. Harga mainan buatan Mattel ini cukup murah yaitu Rp70.000.

5. Maisto Moto GP 2017 Honda Repsol

Mainan Diecast

Ingat motor Marc Marquez yang mengantarkannya pada juara dunia keempat di Moto GP? Mainan ini merupakan replika dari motor yang digunakan pembalap tersebut. Tidak hanya memiliki detail mirip, bagian belakang jok pada mainan bisa memantul seolah-olah efek shockbreaker. Dibanderol dengan harga Rp135.000, mainan ini banyak diburu oleh para kolektor.

Jadi, mainan mana yang jadi favoritmu? Beberapa mainan diecast di atas bisa dibeli melalui marketplace luar negeri. Bagi yang tidak memiliki kartu kredit dan PayPal, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan jasabayar.id untuk membeli mainan impian. Jasa ini menawarkan rate yang rendah dan fee murah, sehingga kita bisa lebih berhemat.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by