Cara Belanja dan Import Barang dari web China Alibaba.com

Kalau kita bicara tentang alibaba.com, anda harus mengerti ini adalah tentang China, ya! Barang China, Suppliers China, Pembayaran ke China, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau it’s all about Chinese, walaupun anda akan tetap menemukan barang-barang produk luar china (USA, Indonesia, dkk) semuanya tetap akan di dominasi oleh produk China, lalu anda harus berfikir besar sebelum bertransaksi di alibaba, karena kita akan berbisnis secara “besar”, apabila anda berencana bertransaksi dalam skala ritel / kecil, kunjungi “adiknya” saja aliexpress.com

Pertama, Alibaba.com sesuai slogannya Global Trade Starts here, melayani transaksi secara global / international, pengiriman barang ke seluruh dunia, transaksi online terbesar diseluruh planet ada disini, anda akan menjadi bagiannya secepat mungkin, apakah anda seorang businessman atau sekedar konsumen.

Website Alibaba.com (Frontpage)
Halaman depan alibaba.com

Lalu bagaimana caranya bertransaksi di Alibaba.com?

Pertama, anda harus berfikir (punya pikiran) untuk menjual kembali barang yang akan anda import dari Alibaba, bukan untuk menggunakannya dalam kehidupan anda sehari-hari. Beli barang dalam jumlah satuan (1 Pcs) adalah tindakan yang tidak pantas dilakukan di alibaba, membuang banyak waktu dan tenaga banyak pihak.

Lalu, cari produk yang ingin anda jual kembali (ingat! anda harus berfikir seperti seorang pebisnis sebelum anda transaksi di alibaba). Temukan jutaan produk, iya serius! yang terkategori dengan baik dan rapi. Barang apapun yang anda temukan di Mall tempat anda sering berbelanja ataupun di toko-toko online skala nasional, seharusnya anda bisa menemukannya di alibaba.com, hampir semua barang yang menjadi kebutuhan manusia hidup ada disitu. Alibaba menyediakan semua barang ke seluruh dunia. Apa aja ada!

Bukan rahasia : Banyak barang yang di jual online berasal dari China, dibeli dengan harga murah kemudian dijual kembali dengan harga berkali-kali lipat. Coba anda riset!

Cara Belanja dan Import Barang dari Alibaba
Kategori barang di alibaba.com

Di alibaba anda bahkan bisa melakukan permintaan penawaran untuk barang yang anda cari, tunggu dulu! anda harus bisa berbahasa inggris apabila ingin berbelanja di Alibaba, lupakan alibaba kalau anda tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris, atau paling tidak punya penerjemah (robot atau manusia) yang penting anda bisa berkomunikasi, lanjutkan saja.

Selanjutnya, anda harus berbicara dengan pihak supplier, melakukan negosiasi. Hubungi supplier anda dengan berbagai media yang sediakan, lalu berkomunikasilah untuk mendapatkan detail transaksi anda dengan baik, minimal quantity pembelian, harga yang baik, kualitas yang sesuai, pengiriman yang layak, asuransi dan lain-lain.

Saran untuk anda yang baru mulai : Bertransaksilah dengan supplier yang punya reputasi baik, anda bisa melihat data supplier dengan lengkap di web Alibaba. Supplier yang baik setidaknya menyediakan cukup Customer Service dengan kecepatan respon dan response rate yang OK. Perhatikan juga Level Transaksi dan Usia Supplier di Alibaba. 85% buyer akan bertransaksi dengan GOLD Supplier.

Bagaimana dengan Pembayaran di Alibaba?

Secara umum anda bisa membayar Supplier dengan cara Transfer, Western Union, dengan Alibaba Secure Payment (bisa pakai Kartu Kredit) atau dengan metode yang lain yang anda sepakati dalam negosiai dengan pihak supplier. Tapi kami akan menyarankan anda menggunakan PAYPAL untuk membayar supplier alibaba. Menurut kami paypal memiliki program buyer protection yang sangat baik dan panjang yang bisa menguntungkan anda apabila terjadi pertikaian dengan pihak supplier.

Setelah mencapai kesepakatan produk, harga, pengiriman dan lain-lain, anda bisa meminta kepada supplier untuk mengirimkan Invoice ke email anda. Setelah itu anda dapat melakukan pembayaran dengan PayPal. Penggunaan PayPal bisa menjadi rumit bagi anda yang belum pernah bertransaksi dengan payment gateway ini, banyak kendala yang mungkin akan anda hadapi termasuk pembatasan dan masalah verifikasi akun baru.

Untuk kemudahan anda bisa menggunakan Jasa Pembayaran Professional untuk memudahkan proses belanja anda di alibaba, seperti JasaBayar.ID. Dengan menggunakan Jasa Pembayaran anda memotong proses yang memusingkan untuk melancarkan import barang anda dari China.

Anda bisa menghubungi penyedia Jasa Pembayaran yang sudah terpercaya kemudian melakukan perhitungan berapa banyak yang akan anda bayarkan dalam sekali belanja (dalam mata uang Rupiah tentunya). Coba saja, cukup mudah dan cepat. Pastikan anda telah menerima invoice sebelum menghubungi pihak Jasabayar.ID

Penting untuk anda ketahui:

  • Tidak semua barang bisa / boleh anda import! anda harus mempelajari ini di website bea cukai atau konsultasi dengan pihak bea cukai, ada barang-barang tertentu yang hanya bisa di import dengan izin import tertentu.
  • Semua barang akan melalui pengecekan bea cukai.
  • Harga yang anda bayarkan tidak termasuk Pajak dan Bea lainnya sesuai dengan ketentuan undang-undang. Anda harus membayar PPN, PPH, Bea Masuk, atau Pajak Barang Mewah (khusus barang tertentu). Pastikan anda paham ini sebelum melakukan import barang.
  • Pengiriman barang dari luar negeri akan membutuhkan waktu yang cukup lama, semakin cepat barang sampai, semakin mahal ongkos kirim yang anda harus bayar, bicarakan ini dengan supplier anda, pilih yang paling tepat sesuai kebutuhan anda.
  • Jangan transaksi dengan buru-buru! bertanya banyak sebelum membeli lebih baik, daripada transaksi dulu baru banyak tanya.

Hal penting lainnya mungkin tidak anda temukan dalam artikel singkat ini, silahkan mempelajari lebih lanjut dari artikel yang lainnya di internet. Selamat mencoba! Mungkin sukses anda dimulai dari Alibaba.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by