Belanja Akhir Bulan

Mau Belanja Akhir Bulan? Simak Tipsnya Biar Tetap Hemat!

Saat gajian tiba, banyak orang yang kerap kehilangan kontrol dan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Efeknya, sebelum gajian tiba di akhir bulan, uang sudah mulai menipis. Sementara kebutuhan tak terduga, bisa dengan tiba-tiba datang menghampiri. Lalu, bagaimana caranya menyiasati pengeluaran agar tetap bisa belanja akhir bulan tanpa menunggu gajian?

Untuk kamu yang ingin berhemat agar tetap bisa belanja dengan tenang di akhir bulan, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Atur Pengeluaran dengan Cermat

Jika kamu kerap memiliki kebutuhan yang harus dibeli di akhir bulan, kamu bisa menerapkan aturan belanja seminggu sekali. Jadi, alih-alih membeli kebutuhan sebulan penuh sekaligus, berbelanjalah satu kali dalam seminggu. Bagaimana caranya?

Pertama, bagi uang belanjamu ke dalam 4 minggu dengan nilai yang sama. Misalnya, kamu menetapkan uang belanja bulanan sebesar Rp3 juta per bulan. Artinya, setiap minggu kamu punya jatah uang belanja sebesar Rp750 ribu. Gunakan uang itu untuk membeli kebutuhan setiap minggu dan jangan keluarkan uang lebih dari yang dianggarkan. Dengan cara ini, kamu bisa tetap punya pegangan uang belanja meski sudah akhir bulan.

Pastikan Kamu Hanya Membeli Barang yang Kamu Butuhkan

Saat akhir bulan tiba, sisa uang yang kamu miliki adalah jatah terakhir dari uang belanja mingguanmu. Karena itu, pastikan kamu menggunakannya dengan bijak. Belilah barang-barang yang memang bersifat mendesak. Hindari berbelanja untuk memenuhi keinginan saja saat akhir bulan tiba.

Temukan Beragam Promo di Toko Langganan

Supermarket atau swalayan biasanya kerap memberikan promo dan diskon menarik saat akhir bulan tiba. Mulai dari promo potongan harga, promo beli 1 gratis 1 hingga promo tebus murah. Manfaatkan kesempatan ini untuk lebih berhemat saat belanja akhir bulan. Meski banyak promo menarik, jangan sampai kamu melupakan poin kedua, ya! Tetaplah beli barang-barang yang memang kamu butuhkan.

Bandingkan Harga

Jika barang yang kamu butuhkan harganya cukup mahal, jangan ragu untuk membandingkannya dengan toko lain. misalnya saja, kamu butuh kemeja baru untuk wawancara kerja di akhir bulan ini. Kamu bisa mencari kemeja secara online maupun offline kemudian bandingkan harganya. Temukan penawaran terbaik agar kamu bisa semakin hemat. Kalau kamu menemukan kemeja di toko online, cari yang menawarkan gratis ongkir agar pengeluaranmu semakin irit.

Hindari Belanja Berlebihan

Ketika akhir bulan terutama saat gajian sudah mulai dekat, kamu mungkin memiliki niat untuk menghabiskan semua sisa uang yang ada di tangan. Alasannya tentu saja karena sebentar lagi kamu akan dapat pemasukan. Namun, hati-hati dengan niat semacam ini karena kamu cenderung akan tergoda membeli sesuatu yang sebenarnya tidak perlu.

Kalau memang masih ada sisa uang di tangan, ini adalah pertanda bagus. Artinya, kamu bisa mengalokasikannya untuk tabungan atau dana darurat.

Selalu Buat Daftar Belanjaan 

Baik belanja bulanan atau mingguan, penting untuk membuat daftar barang-barang apa saja yang harus dibeli. Selain memudahkan kamu saat berbelanja, kamu juga tahu mengatur skala prioritas dengan membeli barang-barang yang memang penting. Ketika kamu sudah membeli semua kebutuhan, kamu bisa menghindari belanja dadakan di akhir bulan.

Itulah beberapa tips belanja akhir bulan yang bisa kamu terapkan agar bisa tetap hemat. Untuk kamu yang ingin melakukan pembelian barang-barang kebutuhan di situs belanja online luar negeri, pastikan kamu hanya memercayakan proses pembayaran pada jasabayar.id. Sudah beroperasi sejak tahun 2010, jasabayar.id merupakan penyedia layanan pembayaran dengan fee transparan dan rate paling rendah. Dijamin bikin pengeluaranmu makin hemat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by