Tips Belanja Bulanan

Tips Belanja Bulanan Hemat untuk Anak Kost

Tidak hanya bagi Anda yang sudah berumah tangga, belanja bulanan juga penting bagi anak kost. Sebagai pengeluaran yang paling besar, mengatur uang belanja bulanan memang bukan perkara mudah. Apalagi jika setiap bulannya dana yang Anda punya terbatas. Anda perlu tips belanja bulanan hemat agar uang yang ada cukup sampai akhir bulan. Simak beberapa trik mudah berikut ini!

Siapkan Daftar Belanja Bulanan Hemat Anda

Sebelum berbelanja baik ke swalayan ataupun online, jangan lupa untuk menyiapkan daftar barang-barang apa saja yang perlu dibeli. Buat list berdasarkan skala prioritas mulai dari bahan makanan yang paling penting sampai barang tambahan lain. Memiliki daftar belanjaan tidak hanya akan memudahkan Anda, tapi mencegah Anda membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Bandingkan Harga

Setiap toko yang menjual kebutuhan pokok umumnya memiliki perbedaan harga, meski sedikit. Agar lebih hemat, jangan ragu untuk membandingkan harga antara satu tempat dengan tempat lainnya. Meski hanya selisih Rp1.000 atau Rp2.000, tapi kalau item yang dibeli jumlahnya banyak, Anda tetap bisa berhemat.

Untuk belanja bahan-bahan makanan segar seperti ikan, daging dan sayur, sebaiknya pertimbangkan untuk datang langsung ke pasar tradisional. Selain lebih murah, Anda juga bisa mendapatkan produk segar setiap harinya.

Rajin Berburu Diskon

Swalayan maupun toko online juga kerap menyediakan promo serta diskon berkala. Supermarket misalnya, kerap memberikan diskon akhir bulan atau promo tebus murah dan buy 1 get 1 free. Manfaatkan kesempatan ini agar list belanja bulanan hemat Anda bisa terwujud.

Hindari Pergi Belanja dalam Keadaan Lapar

Tips belanja hemat lainnya yang bisa Anda terapkan adalah menghindari pergi berbelanja saat perut sedang lapar. Rasa lapar akan membuat Anda lebih emosional dan cenderung melakukan pembelian secara impulsif. Berangkatlah ke swalayan setelah makan agar belanja Anda tetap terkontrol.

Pergilah Belanja Sendiri

Belanja bulanan dengan teman atau anggota keluarga memang menyenangkan. Tapi, ini kerap kali membuat rencana belanja yang sudah dibuat melenceng dari yang seharusnya. Ketika mendengar rekomendasi temanmu tentang produk A, Anda mungkin tertarik membeli. Jika Anda adalah tipe orang yang mudah terpengaruh, hindari berbelanja dengan orang lain agar tidak kebablasan.

Ingin belanja online dengan biaya transaksi yang lebih hemat dan fee transparan? Jasa Bayar adalah opsi terbaik untuk Anda. Hubungi kami untuk kebutuhan transaksi belanja online Anda baik di dalam maupun luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by