barang ekspor online

Mudah! Begini Tips Sukses Jual Barang Ekspor Online

Jual barang ekspor online merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Barang yang diekspor tak melulu barang jadi, melainkan juga barang mentah. Beberapa produk ekspor yang paling diminati pasar global, meliputi kerajinan tangan, tekstil, dan furnitur. Biasanya harga jual produk ekspor dibanderol lebih mahal karena importir harus mengeluarkan biaya untuk produksi dan pengemasan serta membayar bea cukai, biaya FOB (Free On Board), JK (Jasa Kena Pajak), dan BKP (Barang Kena Pajak).

Proses penjualan barang ekspor sedikit berbeda dengan penjualan lokal. Seluruh barang yang hendak diekspor ke negara lain akan melewati prosedur pengecekan yang prosesnya diatur pemerintah. Sebagai seorang eksportir, kamu wajib memahami serta menaati peraturan dan kebijakan yang berlaku.

Mau Bisnis Jual Barang Ekspor Online Lancar? Ini Tipsnya! 

barang ekspor online

Mengingat bisnis UMKM berpeluang besar untuk berkembang dan menyasar pasar internasional, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai batu loncatan meraih kesuksesan di masa depan. Namun, perlu diingat bahwa bisnis yang baik perlu perencanaan matang agar berjalan lancar dan mampu menyelesaikan setiap hambatan. Kalau kamu tertarik berbisnis jual barang ekspor online, berikut tipsnya.

Pahami Perdagangan Luar Negeri 

Agar kamu bisa sukses menjadi eksportir, kamu harus memahami perdagangan luar negeri. Eksportir sendiri dibagi menjadi dua, yakni eksportir produsen dan eksportir bukan produsen. Masing-masing jenis tersebut memiliki syarat yang sedikit berbeda. Meskipun demikan, syarat umum untuk memulai bisnis ekspor, antara lain mendirikan badan hukum, mengurus Nomor Wajib Pajak (NPWP), dan mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Industri, dan Izin Usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Selain hal tersebut, penting untuk mengetahui peluang produk yang dibutuhkan di negara tujuan. Pilih negara yang potensial dengan cara melakukan riset via internet. Kamu juga harus mempelajari cara ekspor barang langsung dan tidak langsung serta dokumen yang diperlukan. Berbekal hal ini kamu akan lebih mudah memulai bisnis barang ekspor

Bangun Website Bisnis 

Bangunlah website untuk memperkenalkan bisnismu. Melalui website, kamu bisa meraih atensi calon konsumen dan membangun kesadaran merek. Website juga dapat  meningkatkan kredibilitas, membuat kamu tetap terhubung dengan calon konsumen selama 7 hari 24 jam, memperluas jangkauan target pasar, dan digunakan sebagai media yang efektif untuk mempromosikan produk. 

Manfaatkan Marketplace 

Kamu bisa menjual barang ekspor online melalui marketplace yang menjangkau pasar global. Beberapa marketplace yang direkomendasikan, meliputi Alibaba, Amazon, eBay, Etsy, Rakuten, dan InaExport milik Kementerian Perdagangan (Kemendag). Cara ini efektif meningkatkan peluang penjualan.

Mengingat bisnis ekspor menyasar konsumen global, kamu harus siap bersaing dengan ribuan penjual dari berbagai negara. Pastikan menjual produk yang unik sehingga calon konsumen tertarik. Beberapa produk unik dengan permintaan tinggi, antara lain kain tenun, kain batik, ukiran kayu, boneka wayang, jam etnik, dan tas anyaman bambu.

Maksimalkan Penggunaan Media Sosial 

Media sosial merupakan salah satu wadah terbaik untuk menjangkau audiens. Manfaatkan media sosial untuk mendorong interaksi langsung dengan calon konsumen. Makin tinggi aktivitas media sosial, peluang mendapatkan pembeli dari pasar global kian meningkat. Melalui media sosial kamu bisa informasi terkini, event atau promo yang tengah berlangsung, dan ulasan pelanggan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk membuat konten atau kisah yang menarik minat calon konsumen.

Lakukan Promosi Bisnis

Satu lagi tips sukses sebagai eksportir adalah melakukan promosi bisnis. Selain media sosial, kamu bisa mempertimbangkan endorsement, memberikan potongan harga, buy 3 get 1, atau undian berhadiah dengan nominal tertentu. Berbekal promosi tersebut, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas sekaligus mengembangkan bisnis. 

Demikianlah sejumlah tips menjual barang ekspor online. Untuk kemudahan bertransaksi online, manfaatkan layanan yang ditawarkan oleh Jasabayar.id. Jasabayar.id hadir untuk menunjang kegiatan bisnis dan belanja online. Berkat Jasabayar.id, transaksi jadi lebih praktis dan aman. Yuk, gunakan Jasabayar.id dan rasakan manfaatnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by