Paylater

Serba-Serbi Paylater yang Perlu Diketahui

Beberapa waktu belakangan istilah paylater banyak kita dengar dan temui di berbagai situs e-commerce. Di berbagai marketplace, istilah ini merupakan sebutan untuk sebuah fitur yang dianggap cukup membantu orang dalam melakukan transaksi jual beli secara online.

Apa itu Paylater?

Paylater

Fitur paylater atau bayar nanti merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh marketplace untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Fitur ini memungkinkan konsumen membeli barang secara online melalui platform e-commerce, tetapi pembayarannya dilakukan di bulan berikutnya.

Sederhananya, fitur ini memungkinkan kita untuk berutang ketika membeli sebuah barang dan membayar utang tersebut secara langsung atau dicicil sesuai jatuh tempo yang telah ditentukan. Dalam kondisi darurat, keberadaan fasilitas bayar nanti tentu cukup meringankan.

Namun, kita harus tetap bijaksana dalam menggunakannya. Pahami bahwa untuk memanfaatkan fasilitas ini, ada beberapa kewajiban yang harus ditunaikan di bulan berikutnya. Jadi sebelum memanfaatkan fitur bayar nanti, pastikan kondisi keuangan kita memungkinkan.

Selain bijaksana dalam menggunakan fasilitas ini, ada banyak hal lain yang perlu dipahami tentang paylater supaya kita tidak terjebak oleh masalah keuangan yang lebih pelik.

Pahami Ini Sebelum Pakai Paylater

Paylater

1. Pendaftaran Menggunakan Dokumen Pribadi

Salah satu kemudahan yang ditawarkan fasilitas ini adalah kemudahan dalam melakukan pendaftaran. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, KK, NPWP, atau kartu BPJS. Pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online kapan dan di mana saja dalam waktu cukup singkat.

Mengingat dokumen di atas merupakan identitas yang bersifat penting, pastikan kita melakukan pendaftaran di platform tepercaya. Jangan sembarangan memanfaatkan fitur bayar nanti di platform yang kredibilitasnya masih diragukan. Sebagai patokan, platform yang fitur bayar nantinya tepercaya biasanya memiliki legalitas dari OJK dan AFPI.

2. Manfaatkan Pilihan Cicilan dengan Tenor Sesuai

Tidak semua platform yang memiliki fasilitas bayar nanti mewajibkan pengguna untuk melunasi utang mereka di bulan berikutnya secara langsung. Beberapa ada yang menawarkan pembayaran dengan metode cicilan dan pilihan tenor yang bisa disesuaikan.

Apabila kamu merasa perlu menggunakan fitur ini tetapi belum sanggup melunasi secara langsung di bulan berikutnya, jangan ragu untuk memanfaatkan metode cicilan. Biasanya platform marketplace menyediakan pilihan cicilan dengan tenor mulai dari 3 sampai 12 bulan.

3. Pahami Bahwa yang Digunakan Bukan Uang Pribadi

Setelah melakukan pendaftaran, pengguna platform e-commerce biasanya akan mendapatkan limit sebagai patokan berapa dana yang bisa dipakai untuk membeli suatu barang. Singkatnya, limit tersebut merupakan batasan tentang jumlah dana yang bisa dipinjam.

Sayangnya, banyak yang merasa bahwa limit paylater merupakan dana milik pribadi. Akibatnya, ketika berbelanja menggunakan fitur ini, banyak yang terjebak dengan masalah keuangan. Jadi sebelum memanfaatkan fasilitas bayar nanti, pahami bahwa limit dana yang dipakai harus dikembalikan pada bulan berikutnya sehingga pemanfaatannya pun sebaiknya dilakukan sebijak mungkin.

4. Risiko Gagal Bayar dan Teror Debt Collector

Meskipun secara teknis marketplace yang memiliki fasilitas bayar nanti bergerak di bidang e-commerce, dalam menerapkan fitur bayar nanti, platform marketplace menggunakan sistem yang kurang lebih sama dengan pinjaman online. Artinya jika pada jatuh tempo kita gagal melakukan pelunasan, ada penagihan yang akan dilakukan oleh debt collector melalui telepon.

Tidak hanya itu, gagal bayar di beberapa platform juga akan tercatat di riwayat keuangan kita secara umum. Jadi ketika akan mengajukan pinjaman di lembaga keuangan seperti bank atau leasing, BI Checking menunjukkan bahwa kita pernah gagal bayar dan menyebabkan ditolaknya pengajuan pinjaman.

Kesimpulan

Seperti kebanyakan fitur lain pada marketplace, fasilitas bayar nanti juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Inilah mengapa saat memanfaatkannya, diperlukan kebijaksanaan dan kehati-hatian. Begitu pula ketika kita memilih platform untuk membantu kita melakukan pembayaran online.

Pilihlah platform tepercaya dan bisa digunakan untuk belanja baik di dalam maupun luar negeri seperti jasabayar.id. Platform ini memudahkan kita melakukan pembayaran online meskipun tidak memiliki kartu kredit. Dengan rate rendah dan fee transparan, transaksi yang dilakukan jelas lebih aman untuk kantong.  

Nah, itulah ulasan tentang serba serbi paylater, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by