beli barang secara kredit

Kelebihan dan Kekurangan Beli Barang secara Kredit, Apa Saja?

Perkembangan e-commerce yang pesat membuat masyarakat Indonesia aktif berbelanja secara daring. Dalam survei yang diadakan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), sebanyak 62,8 persen partisipan merasa aman bertransaksi melalui internet. Hasil survei pun menunjukkan bahwa marketplace lebih sering menjadi tujuan untuk membeli barang-barang kebutuhan.

Di antara sekian banyak transaksi, tentu tidak semua orang membayar secara tunai. Ada sebagian orang yang lebih memilih beli barang secara kredit karena beberapa alasan, misalnya, karena kebutuhan mendadak atau membeli barang yang harganya terbilang mahal.

Bisa jadi muncul pertanyaan di benakmu: apakah berbelanja secara kredit merupakan pilihan tepat? Atau malah harus kamu hindari? Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak pembahasan berikut!

Kelebihan Beli Barang secara Kredit

beli barang secara kredit

1. Praktis

Kredit memberikanmu kemudahan untuk bertransaksi setiap saat di dalam maupun luar negeri. Kamu dapat berkunjung langsung ke toko offline yang menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Jika membeli dari toko daring lokal dan asing, carilah yang menerima metode pembayaran seperti kartu kredit Visa atau MasterCard. Kredit terasa praktis karena kamu tidak perlu membawa uang tunai.

2. Banyak bonusnya

Program kartu kredit biasanya memberikan beragam bonus yang bisa nasabah nikmati, misalnya, poin dan cashback. Bonus ini bisa kamu rasakan apabila transaksi memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh lembaga penyedia kredit. Untuk mengecek ketersediaan bonus, kamu bisa mengikuti berita terbaru dari lembaga yang bersangkutan atau mengecek iklan yang dipajang di tempat tujuanmu bertransaksi, seperti restoran, pusat perbelanjaan, stasiun, bandara, dan penginapan.

3. Bisa dipakai untuk kebutuhan darurat

Idealnya, kamu harus punya dana darurat untuk menutup kebutuhanmu selama beberapa bulan ke depan apabila terjadi hal-hal yang tidak diperkirakan. Namun, apabila tidak memungkinkan, layanan kredit bisa sangat membantu di kala terdesak.

4. Cocok untuk pembelian grosir

Beli barang secara kredit bermanfaat untuk kamu yang ingin membeli secara grosir, terutama jika membuka usaha dagang. Misalnya, kamu memiliki bisnis pakaian dan ingin membeli bahan-bahan dalam jumlah besar. Ketika modalmu tidak cukup untuk melunasi pembelian bahan, layanan kredit bisa menjadi solusi.

5. Dapat membangun histori kredit yang positif

Setiap transaksi kredit bisa membangun histori yang positif di mata lembaga keuangan negara. Syaratnya, kamu harus membayar cicilan setiap bulan tepat waktu dengan nominal yang sesuai. Histori kredit positif akan memberikanmu kesempatan untuk meminjam dana yang lebih besar, contohnya untuk membangun usaha atau membeli kendaraan.

6. Aman

Layanan kredit umumnya dilindungi dengan proteksi tingkat tinggi. Beberapa kartu kredit bahkan disertai asuransi, seperti proteksi ponsel atau asuransi perjalanan. Ketika berbelanja secara daring pun, kartu kredit disertai sistem keamanan, seperti kode OTP (One-Time Password), sehingga kamu tak perlu khawatir.

Kekurangan Beli Barang secara Kredit

beli barang secara kredit

1. Mendorong sikap boros

Biasanya, sebagian orang merasa mudah membeli sesuatu jika tidak membayar secara tunai. Jika pemakaian layanan kredit tidak dilakukan secara bijak, kamu bisa saja terdorong untuk bersikap boros.

2. Berpotensi memperburuk histori kredit

Berbeda dengan histori kredit positif, seseorang bisa memperburuk histori apabila melakukan tindakan-tindakan yang tidak bisa dimaklumi. Misalnya, telat membayar cicilan dan mendaftar ke banyak program kartu kredit dalam waktu yang berdekatan.

3. Perubahan bunga

Kamu harus memperhitungkan perubahan bunga ketika beli barang secara kredit. Layanan kredit terkadang memperbarui pengenaan bunga, baik menjadi meningkat ataupun menurun, tanpa bisa diprediksi oleh nasabah.

4. Denda

Denda diberlakukan jika seseorang telat mencicil kredit. Nilainya cenderung bervariasi, tergantung kebijakan dari lembaga penyedia kredit.

Nah, sudah paham dengan kelebihan dan kekurangan beli barang secara kredit? Pastinya, keputusan untuk berbelanja dengan metode pembayaran ini  ada di tanganmu. Jika memang membutuhkan suatu barang segera, tetapi tidak punya bujet yang cukup, belanja secara kredit bisa dipilih. Namun, apabila hanya keinginan sesaat, sebaiknya pertimbangkan matang-matang supaya tidak terbebani dengan tagihan kredit setiap bulannya.

Untuk transaksi daring secara kredit yang aman, kamu dapat mengandalkan jasabayar.id. Layanan ini cocok apabila kamu ingin bertransaksi praktis tanpa perlu khawatir dengan tindak kejahatan, seperti pencurian identitas. Ingin tahu bagaimana cara menggunakan layanannya? Klik di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by