Black Friday Sale

Black Friday, Momen Seru Belanja di Luar Negeri yang Murah Meriah

Di Indonesia, kamu pasti sering mendengar istilah harbolnas atau hari belanja online nasional. Pada momen tersebut, kamu berkesempatan untuk memperoleh diskon belanja besar-besaran. Kalau di luar negeri, ada pula istilah serupa yang disebut sebagai black friday sale

Apa Itu Black Friday Sale?

Istilah black friday sebenarnya merujuk pada perayaan hari libur sesudah Thanksgiving yang berlangsung di Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, black friday berlangsung pada hari Jumat, tepatnya Jumat terakhir pada bulan November. Pada tahun ini, black friday jatuh pada tanggal 25 Desember 2022. 

Lalu, bagaimana cerita awal munculnya tradisi black friday di Amerika Serikat? Ada banyak kisah yang melatarbelakanginya. Ada yang mengatakan kalau tradisi ini diawali oleh terjadinya krisis keuangan Amerika Serikat pada 24 September 1869. 

Saat itu, dua sosok investor besar yakni Jim Fisk dan Jay Goul melakukan pembelian emas dalam jumlah banyak. Mereka melakukan konspirasi dengan cara menaikkan harga komoditas dan menjualnya saat mencapai titik tertinggi. 

Hanya saja, konspirasi tersebut terbongkar dan berakibat menurunnya harga emas dan saham. Para investor mengalami kerugian dan terpaksa menjual saham kepemilikannya dengan harga murah. 

Versi lain, ada pula yang mengasosiasikan black friday sale dengan situasi terkait kekacauan yang ada di Philadelphia. Kekacauan tersebut timbul karena banyaknya turis yang berdatangan saat liburan Thanksgiving. Polisi kebingungan dalam menghadapi situasi yang penuh kemacetan, ditambah lagi dengan adanya aksi perampokan besar.

Tips Belanja saat Berburu Diskon Black Friday

Berkaitan dengan momen black friday, kamu bisa pula memanfaatkannya sebagai waktu berbelanja murah. Apalagi, black friday saat ini menjadi tradisi global, tidak hanya di lingkup Amerika. Biar aktivitas belanja dari luar negeri tersebut berjalan lancar, ada 3  tips penting yang perlu kamu lakukan, yakni: 

1. Susun Daftar Barang Belanjaan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat menyambut black friday adalah menyusun daftar belanja. Langkah ini sangat penting, biar kamu tidak terlalu boros. Jangan sampai kamu lapar mata dan membeli setiap barang yang terlihat murah. Sebagai gantinya, susun daftar belanja sesuai dengan tingkat kebutuhan. 

2. Buat Strategi Diskon

Tips selanjutnya adalah strategi berburu diskon yang tepat. Kamu jangan hanya terpaku promo potongan harga. Pertimbangkan pula untuk mencari barang yang disertai dengan embel-embel pengiriman gratis. 

3. Siapkan Koneksi yang Lancar

Hal terakhir dan tidak kalah penting, pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang aman dan lancar. Kamu tentu tidak ingin aktivitas belanja terganggu hanya karena internet ngadat, kan? 

Black friday adalah kesempatan menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Apalagi, saat ini kamu tidak perlu bingung terkait metode pembayaran. Ada solusi nyaman dan praktis dari Jasabayar.id yang bisa membantu. Lewat Jasabayar.id, kamu bisa belanja tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Praktis, kan?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan WA
1
Hallo kak, bisa kami bantu ?
Kami Online Senin - Jumat : 08:30 - 20:00 WIB dan Sabtu : 08:30 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar tertentu kami LIBUR
Powered by